Senin, 19 Januari 2009

Mengganti Floor Drain

BANYAK penyebab floor drain kamar mandi rusak. Floor drain dari bahan plastik rusak karena gigitan tikus atau patah karena tertimpa benda keras. Yang terbuat dari logam biasanya rusak karena dimakan karat.

Floor drain rusak mengakibatkan banyak masalah. Kamar mandi jadi bau, saluran pembuangan air pun tersumbat. Sebelum kerusakan itu membuat banyak masalah, segera ganti floor drain itu. Caranya mudah. Anda dapat mengerjakannya sendiri.

Alat dan bahan:

- Floor drain
- Pasir 1 kg
- Semen 1 kg
- Sendok adukan semen
- Ember adukan
- Pahat dan palu
- Sarung tangan

Langkah-langkah pengerjaan:

1. Bongkar floor drain lama menggunakan pahat dan palu. Bersihkan area bekasnya. Pada saat membongkar, pastikan tidak ada material bobokan yang masuk ke dalam lubang pembuangan. Maka sumbat bagian atas saluran pembuangan dengan kertas.

2. Buat adukan semen-pasir secukupnya. Menggunakan sendok semen, tempelkan adukan ke seputar bibir lubang saluran pembuangan.

3. Ambil bagian mangkok floor drain dan masukkan bagian bawahnya ke lubang pembuangan. Tekan dan rekatkan ke adukan semen. Sebelumnya, singkirkan dulu kertas penghalang material tadi.

4. Tutup bagian pinggir floor drain dengan adukan semen. Rapikan. Sewaktu semen setengah kering, taburkan semen kering ke atasnya. Tunggu hingga semen betul-betul kering.

5. Pasang bagian saringan, floor drain baru pun terpasang.

iDEA - - kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar