Senin, 19 Januari 2009

Membuat Drop Ceilling

DROP ceilling membuat tampilan plafon menjadi lebih dinamis. Pada rumah-rumah yang berdesain minimalis, drop ceilling dibuat seolah-olah menjadi satu bagian dengan struktur rumah. Hal ini dimaksudkan untuk "menyembunyikan" rel gorden dan vertikal blind, sehingga tampilan ruang menjadi lebih apik, dan tentu saja cantik. Panduan berikut ini dapat membantu Anda membuat drop ceilling.

Bahan dan Alat :

* Besi Hollow atau baja ringan kanal C, gipsum, kompon, sekrup, rod atau kawat.
* Lampu TL, kain, gergaji, dan cat tembok.

Langkah Pengerjaan :

1. Tentukan letak drop ceilling dan level tinggi yang diinginkan. Perbedaan level ketinggian cukup 20cm, dengan perhitungan 10cm untuk tebal, dan 10cm lagi untuk lampu.

2. Buat rangka plafon utama, berupa rangka grid dengan besi hollow 2cmx4cm. Tempelkan rangka grid menggunakan sekrup, pada tembok, sehingga terbentuk rangka plafon utama.

3. Buat rangka drop ceilling berupa rangka grid, yang disambungkan ke bagian bawah rangka utama. Penghubungnya berupa besi hollow sepanjang 20cm. Ukuran rangka drop ceilling lebih kecil dari rangka utama.

4. Pasangkan rod atau kawat penggantung, yang menghubungkan rangka grid plafon, dengan rangka atap.

5. Siapkan instalasi listrik di area plafon. Kabel untuk lampu dibuat rapi dengan cara menempatkannya pada jalur yang tak mengganggu rangka. Lebih bagus menggunakan lampu model selang untuk kemudahan pemasangan.

6. Pasang gipsum pada plafon. Rapikan antar sambungan dengan kompon. Sisi sambungan yang kasar dapat diampelas halus. Setelah itu, sekeliling plafon dicat merata.Indra--kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar