Rabu, 21 Januari 2009

Akar-akaran Pemanis Ruang

DINDING ruang tamu di rumah Suwoko di Ciputat, Tangerang, ini bisa menjadi inspirasi mengolah dinding di rumah Anda. Tampilannya boleh disandingkan dengan karya lukis atau hiasan dinding lainnya. Ruangan menjadi lebih hangat.

Awalnya, olahan dinding dibuat untuk menggantikan lukisan. Ukurannya cukup besar, tapi terlihat proporsional dibandingkan dengan ukuran ruangan yang 3mx4,5m.

Sebagai pemanis dan penghangat ruang, olahan dinding ini “dipasang” pada dinding ruang tamu yang menghadap ke pintu utama. Tujuannya, agar dinding dekoratif ini bisa dinikmati tamu yang bertandang atau yang sekadar “ngintip”.

Bagaimana membuatnya?

Langkah-langkah pembuatan:

1. Buat cerukan dengan ukuran yang proporsional dengan ukuran ruangan. Pada model ruang ini, cerukan berukuran 2,5mx1m, dengan kedalaman 10cm.
2. Lapis bagian belakang dinding cerukan dengan batu alam. Jenis, ukuran, dan pola penataan boleh sesuai selera.
3. Tempatkan styrofoam (busa keras seperti untuk pengaman barang-barang elektronik) pada bagian dasar cerukan. Tata styrofoam hingga memenuhi seluruh bagian dasar. Tingginya cukup 5cm, atau tidak lebih dari tinggi papan lis penutup dasar cerukan.
4. Tancapkan akar-akaran pada styrofoam sehingga membentuk jajaran yang segaris dengan dinding.
5. Pasang papan lis penutup dasar cerukan. Sebelumnya, tempatkan lampu TL pada dasar cerukan. Sesuaikan jumlah dan ukuran lampu dengan ukuran cerukan.
Penulis: Jones--kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar