Senin, 19 Januari 2009

Aneka Material Lantai Unik

SEBAGIAN orang mungkin kagum melihat jika kaca dijadikan lantai. Hal itu mungkin saja terjadi. Kaca tebal (terlebih dari jenis yang berlaminasi ganda) dapat dipergunakan sebagai lantai. Kaca jenis ini bisa merupakan gabungan dari dua kaca tebal 8 mm.

Meski dapat dipergunakan sebagai lantai, bukan berarti kaca dapat diaplikasikan seenaknya. Ada syarat-syarat tertentu yang wajib dipenuhi. Misalnya, memasang rangka besi sebagai dudukannya. Rangka ini harus berbentuk grid atau kotak-kotak berukuran maksimal 60 cm x 60 cm per kotaknya. Apakah sulit membuatnya?

Sebetulnya tidak juga. Yang terpenting, ketika membuat pastikan rangka ini kuat, datar, dan rata. Dua hal ini penting untuk menjaga agar kaca tidak melengkung ketika diinjak. Jika kaca melengkung ketika diinjak maka terbuka kemungkinan kaca retak dan pecah.

Kaca memang menjadi salah satu bentuk material lantai yang unik. Selain kaca, lantai unik juga dapat tercipta dari penggunaan terakota. Bahan yang banyak dibuat di Plered, Jawa Barat, ini banyak diaplikasikan di banyak ruang, tidak hanya di teras. Terakota akan lebih indah dengan permukaan dibiarkan kasar dan nat besar. Bisa juga Anda menggunakan besi sebagai lantai. Yang ini memang tidak umum, tetapi tampilannya bisa jadi sangat mengagumkan.
Whery--kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar