Senin, 19 Januari 2009

Kaya Warna dan Mudah Diolah

KINI banyak dijumpai, dinding ruang yang memiliki beragam warna. Salah satu dinding berwarna kontras, dinding lainnya jadi semacam latar yang berwarna lembut.

Konsep pewarnaan dinding seperti itu banyak ditemui pada rumah-rumah yang ingin membentuk suasana modern. Salah satu cara membangun suasana tersebut adalah menggunakan cat dinding.

Keberagaman warna cat membuat upaya seperti itu semakin mudah. Kini sudah banyak produsen yang berani membuat warna-warna yang sangat kontras. Banyak pemilik rumah pun berani menggunakannya, terlebih sebagai aksen pada ruang di rumahnya.

Penggunaan warna-warna kontras tentu tak lepas efek warna itu sendiri. Tiap warna memiliki kesan, aksen, dan pengaruh psikologis pada ruangan. Warna pun dapat menegaskan karakter pribadi juga menggugah mood sang penghuni.

Cat bukan hanya menawarkan keberagaman warna, namun motif serta efek yang beragam. Tekstur pada cat juga dimanfaatkan sebagai aksen yang berbeda pada dinding. Tampak retak, bergelombang, atau motif lainnya. Efek-efek seperti ini dapat dibuat dengan berbagai cara, antara lain karena cat itu memang memiliki efek seperti itu, atau dapat dibuat dengan teknik-teknik tertentu.

Cat yang ada di pasaran tersedia dalam dua bentuk, yaitu ready mix dan oplos. Ready mix merupakan cat yang sudah berbentuk kemasan siap jadi, lazimnya disediakan dalam satuan liter, galon atau kilogram. Pilihan warnanya fix, alias sesuai dengan tabel warna yang tersedia.

Beda dengan cat oplos. Cat ini memiliki warna yang bisa disesuaikan selera dan kebutuhan. Biasanya baru dibutuhkan jika konsumen tidak menemukan warna yang diinginkan. Cat ini diolah dalam mesin tin ting dengan bantuan komputer. Namun ada pula yang dioplos secara manual.--Whery--kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar